Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN TEH DAUN SIRIH MERAH (Piper Crocatum) TERHADAP KADAR GILA DARAH PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE II DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SAMATIGA ACEH BARAT


"Latar Belakang : Diabetes melitus penyakit ini ditandai dengan meningkatnya kadar glukosa darah (hiperglikemia) yang terjadi akibat tubuh kekurangan hormon insulin. Hiperglikemi dapat dikendalikan salah satu caranya adalah mengonsumsi obat tradisional yaitu Teh Daun Sirih Merah. Senyawa flavonoid dan alkaloid yang ada pada Daun Sirih Merah (Piper crocatu) bersifat sebagai penurun kadar gula darah.dan antioksidan yang dapat menghilangkan, membersihkan, menahan pembentukan ataupun meniadakan pengaruh radikal bebas dengan menghambat kerusakan sel-sel pulau langerhans pankreas dan meregenerasi sel-sel sehingga memproduksi insulin kembali.
Tujuan: Untuk Mengetahui pengaruh pemberian teh daun sirih merah (piper crocatum) terhadap pasien Diabetes Milletus Tipe II di wilayah kerja puskesmas samatiga aceh barat.
Metodeologi : Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen, dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Samatiga Aceh Barat pada bula Maret 2023 dengan desain penelitian pre-post test pada dua kelompok perlakuan dan tanpa perlakuan untuk mengetahui pengaruh pemberian teh daun sirih merah terhadap kadar gula darah pasien diabetes milletus tipe II. Populasi penelitian ini adalah penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Samatiga Aceh Barat yaitu sebanyak 32 orang. Sampel dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu kelompok intervensi sebanyak 16 orang sampel dan kelompok kontrol sebanyak 16 orang.
Hasil Penelitian : kadar gula darah pada penderita Diabetes Mellitus Tipe II sebelum diberikan Teh daun Sirih Merah yaitu 183,38 mg/dl, dan setelah pemberian 167,06. Berdasarkan hasil tersebut terjadi penurunan yaitu 16,32 mg/dl.
Kesimpulan: Ada pengaruh pemberian Teh Daun sirih Merah terhadap kadar gula darah pada penderita Diabetes Mellituse Tipe II di wilayah kerja Puskesmas Samatiga (p
Text
Indonesia
2023
LOADING LIST...
LOADING LIST...